APA YANG AKAN TERJADI PADA TUBUH JIKA KITA SERING BEGADANG

APA YANG AKAN TERJADI PADA TUBUH JIKA KITA SERING BEGADANG

APA YANG AKAN TERJADI PADA TUBUH JIKA KITA SERING BEGADANG

Begadang merupakan kegiatan yang sangat merugikan diri kita. Dimana kegiatan tersebut dapat membuat tubuh menjadi lemas dan mudah terpapar berbagai macam penyakit. Selain itu begadang tidak memiliki manfaat bagi tubuh. Untuk itu alangkah lebih baiknya untuk menjaga pola tidur anda dengan baik. Pola tidur yang buruk dapat berdampak pada kesehatan tubuh karena jika tubuh anda kekurangan tidur dalam waktu yang cukup lama. Besar kemungkinan tubuh anda akan terserang berbagai penyakit. Hal itu dikarenakan tidur larut malam setiap hari dapat membuat kekebalan tubuh menurun sehingga membuat tubuh menjadi tidak fit dan mudah terserang berbagai macam penyakit. Hal itu bisa anda minimalisirkan dengan cara melakukan pola hidup yang sehat seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi serta rajin olahraga. 

Berbagai Penyakit Yang Akan Menyerang Jika Sering Begadang

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pola tidur yang tidak baik akan membuat sistem kekebalan tubuh pada diri kita menurun sehingga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Di samping itu semua tidur larut malam juga dapat berpengaruh pada kinerja otak kita. Hal itu dikarenakan pola tidur yang buruk akan membuat konsentrasi otak tidak bekerja dengan baik sehingga membuat tidak fokus dalam segala hal. Selain mengganggu kinerja otak, kurang tidur yang akan membuat wajah tampak kusam karena produksi minyak yang berlebih pada saat malam akan menyebabkan berbagai macam masalah wajah salah satunya kulit kusam dan jerawat. Itulah mengapa perlu menjaga pola tidur dan jangan tidur terlalu larut. Nah di bawah ini beberapa penyakit yang akan menyerang apabila tidur terlalu larut malam:

  • Obesitas

Begadang sering kali membuat berat badan seseorang menjadi terganggu, sering begadang dapat membuat kondisi seseorang semakin memburuk. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kurang tidur akan memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya obesitas, kurang tidur dipercaya mampu  meningkatkan rasa nafsu makan menjadi lebih tinggi. Sehingga tubuh akan mengkonsumsi makanan tidak pas pada waktunya, dan itu yang menyebabkan kenaikan berat badan secara tidak ideal atau sering disebut obesitas.

  • Jantung dan hipertensi

Selain dapat mempengaruhi berat badan seseorang pola tidur yang buruk juga dapat berpengaruh pada kesehatan jantung. Dimana apabila tidur terlalu lama akan menyebabkan penyakit jantung pada tubuh kita, sebaliknya apabila kurang tidur akan membuat penyakit jantung koroner pada tubuh kita. Selain itu begadang atau tidur terlalu larut malam juga dapat menyebabkan penyakit hipertensi dimana penyakit ini merupakan kenaikan tekanan darah tinggi. Sering begadang atau tidur terlalu larut malam akan membuat tekanan darah naik setiap harinya dan dapat menyebabkan tumbuhnya berbagai macam penyakit.

  • Sakit kepala dan kinerja otak menurun

Selain berdampak buruk bagi kesehatan tubuh tidur terlalu larut malam juga akan berdampak pada kesehatan otak. Tidur terlalu larut malam atau sering begadang dipercaya dapat membuat sakit kepala. Selain itu saya ingat juga akan terganggu, hal itu dikarenakan suplai darah ke otak akan terganggu akibat sering begadang. Sehingga dapat membuat sakit kepala dan kinerja otak tidak stabil. Kita akan kesulitan berkonsentrasi dan menjadi seseorang yang pelupa. Maka dari itu jagalah polah tidur anda agar terhindar dari berbagai macam jenis penyakit. 

Back To Top