2 Cara Mengajarkan Anak Menulis, Mudah Kok

Cara Mengajarkan Anak Menulis

Bagaimana cara mengajarkan anak menulis yang mudah dipahami oleh si Kecil? Pertanyaan tersebut sering muncul dari orangtua yang merasa khawatir Sang Buah Hati belum dapat menulis dengan baik padahal sudah memasuki usia sekolah.

Orang tua sebaiknya memahami bahwa keterampilan menulis tidak dapat diperoleh dalam waktu yang sekejap. Sebab kemampuan ini dibangun dengan adanya koordinasi antara mata dan tangan.

Sehingga yang bisa dilakukan orang tua adalah memberikan stimulasi yang sesuai agar anak dapat menulis tepat pada waktunya. Dengan pendampingan tersebut, maka ketika sudah memasuki usia sekolah akan lebih dapat menguasainya dengan baik.

Cara Mengajarkan Anak Menulis

Beberapa cara mengajarkan anak menulis di bawah ini dapat dilakukan bersama orang tua dan Buah Hati. Tentu saja diperlukan pendampingan yang konsisten dan disiplin ditambah lagi dengan ketelatenan yang terus-menerus.

Memberikan Alat Tulis yang Menarik

Cara pertama untuk membuat anak menyukai proses pembelajaran menulis adalah dengan memberikan alat tulis yang menarik serta sesuai dengan kemampuannya menggenggam.

Artinya orang tua wajib mengetahui seberapa besar ukuran alat tulis yang bisa dimanfaatkan oleh anak. Selain itu pula genggamannya harus cukup kuat sehingga tidak mudah terlepas.

Orang tua bisa memberikan alat tulis yang berukuran besar untuk anak yang baru saja belajar mencoret-coret. Umumnya  menggunakan spidol ataupun krayon yang besar.

Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat

Setelah anak memiliki kemampuan menggenggam yang baik, maka langkah selanjutnya adalah menggunakan media pembelajaran yang tepat. Karena biasanya si kecil kemudian akan belajar menggoreskan alat tersebut kemanapun, terutama dinding.

Anda bisa menggunakan kertas karton yang berukuran lebar dan membuatnya untuk mencoret-coret di tempat itu. Sekali waktu memberikan contoh yang tepat untuk membentuk guratan bermakna. Antara lain ada lingkaran ataupun berbentuk gelombang berulang.

Jika memungkinkan Anda bisa mendampinginya untuk menggunakan buku ataupun kertas gambar yang berukuran besar. Sehingga anak bisa belajar bagaimana caranya menulis menggunakan meja dan buku.

Berikanlah buku yang berisikan pembelajaran menulis dasar sampai akhirnya membentuk suatu huruf ataupun angka. Lakukanlah setahap demi setahap agar keterampilan ini semakin optimal dikuasai.

Pendampingan yang Intensif

Penguasaan keterampilan menulis merupakan kemampuan yang kompleks sehingga orang tua bisa memberikan stimulasi secara terus-menerus. Lakukanlah dengan cara yang menyenangkan sehingga anak tidak merasa terpaksa untuk mempelajarinya.

Pendampingan bisa dilakukan pada saat bermain atau ketika anak memang memperlihatkan keinginan untuk mencoret-coret suatu bidang. Dengan lembut dan penuh kesabaran arahkanlah untuk membuat bentuk huruf yang bermakna.

Anda dapat membantu anak menguasai keterampilan menulis dengan mempraktekkan beberapa cara mengajarkan anak menulis di atas. Berikanlah suasana pembelajaran yang menyenangkan agar sang Buah Hati merasa aman dan nyaman.