Inilah Penyebab Sebenarnya Kecelakaan Truk Maut Di Brebes

Berita Akurat – Jalan P Diponegoro, Kecamatan Bumiayu, Brebes pagi tadi sampai siang ditutup untuk umum. Karena akan dilakukannya olah TKP kecelakaan truk dari Ditlantas Polda Jawa Tengah.

Olah TKP dipantau langsung Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Bakharudin, didampingi Kapolres Brebes.

Traffic Accident Analysis (TAA) menggunakan laser scaner 3D untuk menghasilkan animasi kejadian kecelakaan. Rekaman animasi dijadikan sebagai bahan rekonstruksi kecelakaan. Hasil itu akan dianalisa mulai dari sebelum, saat, hingga setelah kejadian kecelakaan.

Olah TKP ini untuk menyelidiki kejadian kecelakaan. Direktur Lalu Lintas Polda Jateng, Kombes Pol Bakharudin mengatakan, selain jumlah muatan yang melebihi tonase, kecelakaan ini diduga akibat kondisi jalan yang menurun sejauh kurang lebih 3 km.

“Jalan menurun mulai dari Paguyangan dan di situ ada flyover Kretek dan menurun lagi sejauh 3 km,” ungkap Kombes Pol Bakharuddin.

Seharusnya, kendaraan berat itu melintasi jalan Lingkar. Tetapi akibat tidak berfungsi rem truk, maka truk masuk wilayah kota.

“Saya tegaskan ini bukan karena rem blong melainkan karena faktor tonase yang berlebihan maka kendaraan terdorong tanpa kendali,” ungkap Dirlantas.

Ketika kondisi jalan menurun, truk dengan muatan besar dapat beresiko mengalami hal yang sama. Rem tidak berfungsi untuk menghentikan kendaraan akibat dorongan yang kuat dari beban kendaraan.

Dalam kondisi tidak terkendali, truk muatan gula kristal ini tidak bisa masuk jalan lingkar. Truk maut ini malah memasuki kawasan kota. Kondisi ini diperparah karena sopir tidak mengenal karakteristik daerah ini yang penuh keramaian pada musim puasa.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *