Sebanyak 194 Rumah Warga Rusak Akibat Gempa 4,4 SR Di Banjarnegara

Berita Akurat – Gempa yang terjadi pada kecamatan Kalibening, Banjarnegara, Jawa Tengah membuat kepanikan warga sekitar dan merusak 194 hunian warga.

Ribuan warga panik keluar rumah setelah merasakan terjadi gempa, beberapa diantara mereka hingga histeris lantaran trauma dengan gempa yang berkekuatan bermagnitudo 4,4 yang menghancurkan rumah mereka.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arif Rahman mengungkapkan, gempa ini terjadi tiga kali secara berturut-turut yakni pada Kamis (19/4/2018) pukul 07.10 WIB dan 09.45 WIB. Tetapi gempa terbesar terjadi pada hari Rabu pukul 23.32 WIB dengan magnitude 2,7

“Gempa yang terjadi tidak begitu siginifkan sehingga tidak mengakibatkan kerusakan infrastruktur perumahan maupun fasilitas umum,” katanya.

Arif juga menjelaskan akibat Bencana Gempa ini sebanyak 194 rumah mengalami rusak-rusak dan 77 unit diantanya rusak berat. Sedangkan fasilita umum yang rusak seperti empat bangunan masjid dan 1 bangunan sekolah.

“Kerusakan merata di empat desa, yakni Desa Kertosari, Kasinoman, Plorengan, dan Sidakangen. Untuk korban jiwa tercatat dua orang, yakni Asep (13) dan Kasrih (100), sedangkan korban luka total 21 orang,” ujarnya.

Jumlah pengungsi yang menempati empat titik tenda darurat mencapai 1.939 jiwa. Kebutuhan logistik mendesak yang dibutuhkan di tenda pengungsian antara lain konsumsi makanan, pampers dewasa dan anak balita, perlengkapan tidur, serta berbagai peralatan kebersihan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *