Ini Alasan Dua Bocah SMP Ingin Nikah Muda

Berita Akurat – Sepasang kekasih yang masih duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bantaeng, Sulawesi Selatan menghebohkan dunia maya, sebab mereka berdua memilih untuk menikah muda. Walaupun usianya dibawah persyaratan dalam UU perkawinan.

Diketahui bahwa calon pengantin pria berusia 15 tahun 10 bulan, sedangkan calon wanita yang akan dinikahinya lebih muda lagi yaitu berusia 14 tahun 9 bulan.

Sebelumnya sepasang muda-mudi ini sudah mendaftarkan rencana perkawinannya ke KUA Kecamatan Bantaeng dan mengikuti Bimbingan Perkawinan (Bimwin) untuk mendapatkan pencatatan pernikahan.

Karena usia mereka belum memenuhi syarat menikah seperti diatur dalam UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, pihak KUA menolak permohonan itu dan mengeluarkan blanko N9 (penolakan pencatatan).

Menurut Undang-Undang tentang Perkawinan, batas usia minimal untuk menikah bagi perempuan adalah 16 tahun dan laki-laki 19 tahun.

Namun permohonan itu ditolak KUA, lalu kedunya mengajukan dispensasi kepada Pengadilan Agama Bantaeng. Mengejutkan, pihak pengadilan memutuskan mengabulkan permohonan tersebut.

Dengan dispensasi yang dikeluarkan pengadilan, tak ada lagi alasan bagi pihak KUA untuk menolak permohonan pernikahan kedua remaja itu.

Walaupun akhirnya mengizinkan, pihak KUA mencari informasi soal penyebab kedua anak di bawah umur ini ingin menikah.

Rupanya bukan karena dijodohkan atau si perempuan tengah hamil, namun memang keinginan kuat keduanya.

Perempuan yang tinggal sebatang kara di rumahnya ini juga takut tidur sendirian. Diketahui, ibu si perempuan tersebut sudah meninggal dunia dan ayahnya kerap ke luar daerah untuk urusan pekerjaan.

Padahal si perempuan yang masih duduk di kelas 2 SMP ini dikenal berprestasi oleh teman sekelasnya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *