Tidak Ingin Terjadi Kecelakaan Tanjakan Emen Akan Di Papas

tanjakan emen

Berita Nasional – Aspek Geometri yang menjadi faktor kecelakaan di tanjakan emen di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Akan diubah untuk mencegah kecelakaan.Kecelakaan di Tanjakan EmenMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono menyampaikan perubahan menyangkut tingkat kecuraman dari tikungan yang menanjak.

“Mungkin tikungannya terlalu curam. Biasanya hanya enam sampai delapan persen, tapi mungkin ini lebih dari delapan persen. Ini akan kita turunkan. Jadi (perubahan) geometrinya itu maksudnya tikungannya,” ujar Basuki

Selain melakukan perubahan Geometri, Basuki juga akan lakukan dengan membangun jalur keselamatan seperti yang lazim di jalan tol juga diterapkan di turunan Gombel, Semarang, Jawa Tengah. Pengerjaannya ditargetkan memakan waktu beberapa bulan dan akan rampung pada tahun ini juga.

Kecelakaan di Tanjakan Emen

“Sekarang baru dibuat desainnya dulu karena baru kemarin dilihat oleh (pemerintah) pusat. Selanjutnya itu akan kita perbaiki,” ujar Basuki.

Selain itu, Menteri perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan upaya pencegahan kecelakaan akan dilakukan antara lain dengan penjagaan ekstra dilokasi tanjakan. Hal itu akan segera dilakukan di masa libur panjang yang akan berlangsung beberapa waktu ke depan.

“Kami akan bekerja sama dengan polisi untuk melakukan razia (bus yang belum uji Kir) dan melakukan penjagaan,” ujar Budi.

Tanjakan Emen sudah terkenal dengan kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa. Dan insiden terakhir pada 10 Februari 2018, sebanyak 27 orang tewas dan belasan lainnya luka-luka setelah bus pariwisata yang mereka tumpangi terguling disana.

Tinggalkan Balasan